5 Latihan Fisik Mudah dalam Rangka Persiapan Persalinan

Kehamilan yang sudah semakin membesar pastinya membuat setiap orang tua sudah tidak sabar menanti kelahiran buah hatinya. Sesuatu yang kemudian membuat persiapan persalinan menjadi hal yang mutlak dibutuhkan. Dari sekian banyak jenis persiapan, persiapan fisik tentunya adalah hal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Termasuk 5 latihan fisik berikut ini.

1. Latihan Pernapasan

Latihan fisik pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melatih pernapasan. Latihan pernapasan ini terbilang sangat penting untuk proses melahirkan nantinya. Terutama untuk para ibu yang memutuskan untuk melahirkan secara pernapasan. Latihan ini sendiri bisa dilakukan dengan cara mengatur pernapasan ketika berbaring, berjalan hingga ketika sedang duduk.

2. Latihan Perkuat Panggul dan Paha

Bukan hanya pernapasan ketika seorang ibu melahirkan maka panggul dan paha juga mesti menjadi fokus berikutnya. Bukan tanpa alasan karena panggul dan paha ini akan menjadi titik fokus penopang ketika melahirkan normal lainnya. Cara melatihnya sendiri bisa dilakukan dengan berjongkok lantas berjalan perlahan selama 5 hingga 10 menit setiap harinya.

3. Latihan Kegel

Otot-otot yang berada di sekitar daerah kewanitaan juga mesti mendapatkan pelatihan bagi Anda yang mau menghadapi kelahiran buah hati. Hal ini dilakukan agar proses persalinannya lancar dan juga tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Cara melatihnya seperti ketika sedang duduk, si ibu bisa menarik otot-otot kewanitaannya untuk menahannya beberapa saat.

4. Senam Punggung dan Kaki

Latihan fisik mudah berikutnya yang bisa dilakukan sebagai persiapan persalinan adalah dengan melakukan senam punggung dan juga kaki. Apabila Anda tidak melakukan latihan terhadap bagian punggung maupun kaki bisa membuat bagian tubuh tersebut mengalami nyeri yang hebat. Hal tersebut tidak lepas karena beban kehamilan yang mesti ditanggung.

Cara melatihnya sendiri juga terbilang sangat mudah yaitu Anda hanya perlu duduk bersial lalu menggerakan lutut secara naik dan turun. Dengan melakukan hal ini akan membuat bagian punggung maupun kaki menjadi terlatih. Pastinya latihan ini akan mencegah terjadinya cidera hingga kram berlebihan yang dialami oleh bagian tubuh yang sudah disebutkan barusan.

5. Berjalan Kaki Secara Rutin

Latihan fisik mudah terakhir yang bisa dilakukan oleh setiap ibu hamil adalah dengan berjalan kaki secara rutin. Dengan berjalan kaki secara rutin ini akan membuat fisik si ibu menjadi lebih sehat sekaligus tidak mengalami otot yang terlalu kaku. Kombinasi yang pastinya akan membuat wanita hamil nantinya akan lebih siap dalam menghadapi persalinan yang tentunya tidak mudah.

Jadi bagi para wanita yang sedang melakukan persiapan persalinan jangan sampai melupakan kondisi fisik yang dimiliki. Hal ini terbilang penting agar nantinya proses persalinan bisa berjalan lancar dan juga bayi dapat lahir dengan selamat. Sesuatu yang pastinya diinginkan dan diharapkan oleh setiap wanita yang menjalani proses kehamilan seperti sekarang ini.